Minggu, 09 Maret 2008

“90 Day Action Plan”

Salah satu tantangan yang diberikan kepada para peserta workshop TDA Entrepreneur Makers yang lalu adalah tantangan membuat bisnis dalam tempo 3 bulan kedepan. Sesuai rencana hari ini kami kembali bertemu untuk berdiskusi, evaluasi dan menyerahkan 90 Day Action Plan kepada para mentor. Rencana awalnya pertemuan diadakan di Mangga Dua Square, karena satu dan lain hal acara dipindah ke Time Out Café di Pasar Festival, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.


Menurut undangan yang dikirim via sms dan telepon, acara sharing dan evaluasi rencana kerja 90 hari tersebut dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB, dan diakhiri nobar alias nonton bareng film The Secret (film yang direkomendasikan untuk ditonton rekan-rekan TDA).
Suasana café cukup mendukung acara siang tadi, sharing terasa sangat santai dan mengalir diantara para peserta, masing-masing mastermind berkumpul dalam satu meja dengan didampingi oleh mentor. Tapi tidak ada mentor khusus untuk masing-masing mastermind, semua mentor menjadi mentor untuk semua mastermind. Hadir dalam pertemuan itu antara lain pak Roni Yuzirman, pak James Sastrowijoyo, pak Iim Rusyamsi, pak Agus Ali, pak Try Atmojo dan beberapa senior TDA.
Adanya mastermind benar-benar memberi manfaat, diantara kami bergantian sharing tentang rencana kerja bisnis yang akan dijalani dalam 90 hari kedepan. Keterbukaan diantara kami mampu memunculkan ide-ide baru yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan, bahkan kami bisa bersinergi satu sama lain. Passion yang kuat memang salah satu modal saat akan memulai bisnis (modal internal), tapi yang tidak kalah penting adalah modal eksternal yaitu lingkungan atau komunitas yang mampu mendukung dan membantu membangkitkan kembali passion saat lagi down.

Tidak ada komentar: