Senin, 03 Maret 2008

Workshop TDA Entrepreneur Makers : “Makan Daging”

Alhamdulillah hari Sabtu dan Ahad_1 & 2 Maret 2008 kemarin saya lalui dengan melakukan hal yang sangat bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi diri saya, tentunya juga bagi teman-teman peserta TDA Entrepreneur Makers yang lain. Selama dua hari tersebut saya mengikuti semua sesi yang sudah diagendakan oleh para founder TDA Entrepreneur Makers dalam acara yang bertajuk Business Start Up Workshop. Materi-materi yang diberikan mengacu kepada kurikulum resmi TDA yaitu RBDSAP atau Reason, Beliefs, Dreams, Strategy, Action dan Pray.


Bertempat di Hotel Ciputra, Jl. S. Parman Kav.78, Jakarta Barat, acara workshop TDA Entrepreneur Makers angkatan pertama tersebut diselenggarakan dan hanya terbatas untuk 20 orang peserta. Di Ruang Puri 3, lantai 1, tempat dilangsungkannya workshop hari pertama terasa sangat dingin pagi itu, namun kemudian terasa menghangat saat acara dimulai oleh Pak Ikhwan Sopa_mentor workshop E.D.A.N yang memberikan wawasan tentang reason, belief dan dreams, dilanjutkan berurutan oleh Pak Rosihan dan Pak Try Atmojo yang sharing pengalaman bisnisnya tentang ilmu memulai bisnis dan menggali ide kreatif. Diakhiri oleh Pak James Sastrowijoyo yang berbagi ilmu tentang finansial dan permodalan plus tips dan trik menarik untuk diaplikasikan, serta rumus E=mc² versi James Sastrowijoyo.
Hari kedua workshop di ruang Glory 3, lantai 6 diawali oleh sang jendral TDA, Pak Roni Yuzirman dengan berbagi ilmu dan pengalaman bisnisnya beserta hitungan-hitungan meningkatkan penjualan dan keuntungan. Kemudian dilanjutkan oleh Pak Fauzi Rachmanto, bisnis jasa IT, Pak Teguh Atmajaya, online webstore, Pak Hadi Kuntoro_si Raja Selimut, distributor dan keagenanan, Pak Agus Ali, bisnis jasa otomotif, Pak Wasis Gunarto, bisnis kuliner, dan Pak Iim Rusyamsi, bisnis IT, si empunya Dokter Komputer.com. Diakhir sesi kami dibekali motivasi dan pengembangan diri oleh Pak Yusef J. Hilmy, bahkan tetes air mata saya tidak terasa meleleh saat kami diputarkan slide film tentang semangat/motivasi tinggi & kesetiaan seorang ayah dan anaknya yang cacat dengan segala keterbatasannya mampu meningkatkan kualitas diri kehidupan mereka. Kurang lebih pukul 18.45 WIB acara berakhir, tapi bukan berarti kami masing-masing langsung pulang, diskusi dan tanya jawab dengan para mentor di musholla secara tidak sadar mengalir bak air selepas sholat magrib berjamaah. Tidak sampai disitu saja, kami lanjutkan bincang-bincang bisnis tersebut di Pasar Senggol sambil makan malam. Jam tangan saya menunjuk pukul 20.50 WIB saat kami memutuskan untuk pulang ke rumah masing-masing. Dan insya Allah hari Sabtu, 08 Maret 2008 yang akan datang kami akan kembali bertemu di Mangga Dua Square untuk menyerahkan 90 hari rencana kerja (90 Days Plan) kami kepada mentor sekaligus bersilaturahmi. Dari 20 peserta Business Start Up Workshop kemarin telah dibuat 4 mastermind yang masing-masing terdiri dari 5 peserta dan saya tergabung dalam Creative Mastermind. Diharapkan dengan kelompok-kelompok mastermind ini kami dapat saling berinteraksi, saling mendukung dan memotivasi satu sama lain. Menurut Pak Roni Yuzirman materi yang disampaikan para mentor dalam dua hari workshop tersebut adalah "daging semua". Artinya kami diberi “makan daging” yang telah diolah para mentor dengan bermacam ramuan dan bumbu yang telah mereka lakoni dalam bisnis lewat jatuh bangun dan try error. Banyak ilmu dan pencerahan yang kami dapatkan namun tentunya take action dan mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut jauh lebih penting. Seperti juga yang sering didengungkan Pak Roni Yuzirman, APPLIED knowledge is power.
Para peserta angkatan pertama TDA Entrepreneur Makers ini memiliki target untuk tampil di panggung Milad III TDA 2009 sebagai salah satu bukti dari keberhasilan kelas ini. Insya Allah saya khususnya mampu membuktikannya, aamiin yaa robbal’allaamiin. Take Action Miracle Happen, No Action Nothing Happen

1 komentar:

dobith mengatakan...

wah ikut seminar ni yeeee,bagi2 dong ilmunya
kapan kapan ajarin ya tentang pembelajarannya yang didapat