Jumat, 29 Februari 2008

Langkah Awal berMental Entrepreneur *

Didalam suatu bentuk kewirausahaan, pengusaha dan karyawan merupakan mitra yang keduanya bersinergi menjalankan bisnis. Sudah dapat dipastikan pengusaha (business owner) bermental entrepreneur, namun bagaimana dengan para karyawannya? Tidak semua karyawan memiliki mental entrepreneur, seperti halnya dengan saya yang saat ini adalah seorang TDB (karyawan) di sebuah perusahaan retail bahan bangunan di Jakarta, sebagai seorang anak pegawai negeri sipil dan tinggal dilingkungan perumahan yang rata-rata juga berprofesi sebagai orang kantoran secara tidak langsung telah membentuk mindset tentang bagaimana MEMPEROLEH pekerjaan yang mapan,bagaimana MEMPEROLEH posisi yang aman dan nyaman ditempat kerja, dan bagaimana MEMPEROLEH-MEMPEROLEH yang lainnya. Artinya selalu berfikir tentang Tangan Di Bawah. Sedangkan karyawan yang bermental entrepreneur kemungkinan besar karena tumbuh di lingkungan keluarga atau komunitas kewirausahaan yang sadar atau tidak sadar telah membentuk mental entrepreneur di dalam diri mereka.

Bagaimana cara menumbuhkan mental entrepreneur? Pertanyaan ini tidak pernah terlintas di dalam benak saya sebelumnya, mungkin karena latarbelakang lingkungan sosial saya. Pertanyaan ini juga yang mungkin menjadi pertanyaan awal seseorang sebelum pindah quadrant menjadi seorang entrepreneur. Seperti ulasan dari seorang pengusaha sukses asal Surabaya Raden Mas Wuryanano dalam Milad 2 Komunitas Tangan Di Atas (TDA) tanggal 27 Januari 2008 yang lalu tentang kiat sukses pindah quadrant salah satunya adalah menyiapkan mindset sebagai entrepreneur.

Menumbuhkan mental entrepreneur dapat dilakukan dengan salah satu caranya kita mengikuti atau masuk dalam komunitas entrepreneur seperti misalnya Komunitas Tangan Di Atas dan atau komunitas-komunitas bisnis lainnya. Mengapa? Karena cepat atau lambat kita akan malu sendiri kalau kita tidak memiliki bisnis (hal ini sangat saya rasakan), dan selanjutnya kita berani untuk memulai berbisnis, aamiin.

* just for TDB

Tidak ada komentar: